Memaknai Istilah/kata Materi Bahasa Indonesia SMA

unbkonline.kkaktrichannel ~ Memaknai Istilah/kata Materi Bahasa Indonesia SMA. Berikut ini adalah Rangkuman atau Ringkasan Materi Ujian Nasional SMA Mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Memaknai Istilah / kata yang dapat dijadikan sebagai referensi belajar bagi siswa siswi khususnya kelas 12 untuk menghadapi UNBK tahun ini.
Memaknai Istilah/kata Materi Bahasa Indonesia SMA


Memaknai Istilah/kata Materi
Kalimat dalam paragraf tersusun dari beberapa kata yang membentuk kesatuan arti atau informasi. Kata yang digunakan untuk membentuk sebuah kalimat tidak semuanya dapat langsung diketahui maknanya oleh pembaca. Hal ini karena kata mempunyai beberapa makna sebagai berikut.

1. Berdasarkan Sifatnya
Makna kata berdasarkan sifatnya dapat dibedakan menjadi makna leksikal dan makna gramatikal. Makna leksikal adalah makna kata sesuai kamus, misalnya kata irigasi dalam kalimat Irigasi yang lancar dapat meningkatkan produksi pertanian. Makna kata irigasi menurut KBBI adalah pengairan. Sementara itu, makna gramatikal adalah makna kata yang telah mengalami proses morfologis. Contoh makna gramatikal misalnya dalam kalimat Ayah berlari mengelilingi lapangan sebanyak tiga kali. Makna gramatikal berlari dalam kalimat tersebut adalah melakukan aktivitas lari.

2. Berdasarkan Ada Tidaknya Makna Tambahan
Makna kata berdasarkan ada tidaknya makna tambahan dibedakan menjadi dua yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Makna denotasi adalah makna kata yang sebenarnya/lugas (sesuai dengan konteks pemakaianya dalam kalimat), misalnya meja hijau bermakna meja yang berwarna hijau. Makna konotasi sering disebut dengan makna tambahan/makna kata yang tidak sebenarnya (idiomatis) misalnya meja hijau bermakna pengadilan.

Soal dan Pembahasan Memaknai Istilah/kata

1. Cermati kalimat berikut!
Persembunyian komplotan penjahat itu sudah diketahui pihak berwajib.

Makna gramatikal kata persembunyian dalam kalimat tersebut adalah ....
A. tempat 
B. hal 
C. proses
D. alat
E. jadi

Jawaban: A
Pembahasan :
(Tipe Soal Aplikasi/Terapan)
Kata persembunyian tersebut telah mengalami proses afiksasi atau imbuhan. Kata persembunyian mempunyai kata dasar sembunyi. Imbuhan per- dan an- membuat kata tersebut berarti tempat sembunyi.

2. Cermati kalimat berikut!
Jalan-jalan di Jakarta diperlebar agar tidak terjadi kemacetan.

Makna gramatikal kata diperlebar dalam kalimat tersebut adalah ....
A. dijadikan lebih lebar
B. membuat lebar sekali
C. menjadi sangat lebar
D. menambah agar lebar
E. menjadi agar lebar

Jawaban: A
Pembahasan
(Tipe Soal Aplikasi/Terapan)
Kata diperlebar mempunyai kata dasar lebar. Kata dasar tersebut mengalami proses afikasi yakni imbuhan diper-. Makna kata imbuhan tersebut adalah dijadikan lebih. Jadi, makna diperlebar dalam kalimat tersebut adalah dijadikan lebih lebar.

3. Perhatikan paragraf berikut!
Lapisan ozon yang semakin menipis berakibat pada perubahan iklim dunia. Lapisan ozon yang semakin menipis diakibatkan emisi karbon hasil industrialisasi semakin meningkat. Untuk mengurangi dampak menipisnya lapisan ozon ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa menggelar konferensi COP 21 di Prancis pada Desember 2015. COP 21 adalah konferensi untuk membahas perubahan iklim dunia dan komitmen setiap negara untuk mengurangi emisi karbon.
Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id

Makna kata industrialisasi dalam paragraf tersebut adalah ....
A. hasil industri 
B. tujuan industri 
C. proses industri
D. usaha industri
E. sisa produksi

Jawaban: D
Pembahasan
(Tipe Pengetahuan & Pemahaman) Makna kata industrialisasi dalam KBBI adalah usaha menggalakkan industri dalam suatu negara; pengindustrian. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

demikian Postingan tentang Memaknai Istilah/kata, semoga rmanfaat.
Download kkaktrichannel.info di play store
klik gambar diatas untuk download App atau ketik KeceApps di Play store

Belum ada Komentar untuk "Memaknai Istilah/kata Materi Bahasa Indonesia SMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel