Menentukan Makna Rujukan Materi Bahasa Indonesia SMA

unbkonline.kkaktrichannel ~ Menentukan Makna Rujukan Materi Bahasa Indonesia SMA. Berikut ini adalah Rangkuman atau Ringkasan Materi Ujian Nasional SMA Mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menentukan Makna Rujukan yang dapat dijadikan sebagai referensi belajar bagi siswa siswi khususnya kelas 12 untuk menghadapi UNBK tahun ini.
Menentukan Makna Rujukan Materi Bahasa Indonesia SMA

Makna rujukan terdiri atas kata ganti tunjuk dan kata ganti orang. Kata ganti tunjuk adalah kata yang digunakan untuk menunjuk sesuatu. Bentuk kata ganti tunjuk antara lain ini, itu, dan tersebut. Sementara itu, kata ganti orang adalah kata yang digunakan untuk menunjuk orang/pelaku. Bentuk kata ganti orang antara lain ia, mereka, -nya, dan dia. 


1. Perhatikan paragraf berikut!
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelontorkan dana kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) untuk biaya perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian 2018 sebesar Rp1,3 triliun. Nilai ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017 yang sebesar Rp1,65 triliun. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, mengatakan bahwa penurunan alokasi anggaran disebabkan adanya efisien personil pekerja KAI yang merawat prasarana kereta api seperti jalur kereta api, jembatan, stasiun, dan fasilitas operasi kereta api (sinyal, telekomunikasi, dan listrik aliran atas (LAA).
Sumber: http://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/05/113000226/kemenhubberi-rp-1-3-triliun-ke kai-untuk-rawatprasarana-kereta-api

Kata ganti ini pada kalimat kedua paragraf tersebut merujuk pada ....
A. Dana sebesar Rp1,3 triliun digelontorkan Kemenhub kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) untuk biaya perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian 2018.
B. Biaya perawatan sebesar Rp1,3 triliun.
C. Biaya perawatan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI)
D. Efisien personil pekerja KAI yang merawat prasarana kereta api seperti jalur kereta api, jembatan, stasiun, dan fasilitas operasi kereta api (sinyal, telekomunikasi, dan listrik aliran atas (LAA).
E. Penurunan nilai bantuan dibandingkan tahun 2017 yang sebesar Rp1,65 triliun.

Jawaban: A
Pembahasan
(Tipe Soal Aplikasi/Terapan)
Kata rujukan adalah pengulangan kata baik secara langsung maupun tidak langsung yang bergungsi menjelaskan kalimat sebelumnya. Rujukan yang digunakan dalam kutipan teks tersebut adalah rujukan secara tidak langsung karena menggunakan kata ganti tunjuk (ini). Kata ganti ini merujuk pada Dana sebesar Rp1,3 triliun digelontorkan Kemenhub kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) untuk biaya perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian 2018.

2. Perhatikan paragraf berikut!
Batuk dan pilek merupakan penyakit langganan pada anak. Di musim penghujan seperti sekarang, waspada serangan penyakit yang juga disebut common cold ini. Salah satu alasan anak berusia kurang lima tahun gampang sakit batuk pilek adalah karena sistem kekebalan tubuh mereka belum matang sempurna.
Sumber: http://health.kompas.com 

Kata mereka pada paragraf tersebut merujuk pada ....
A. batuk dan pilek
B. anak usia kurang lima tahun
C. virus kekebalan tubuh
D. musim penghujan
E. penyakit langganan

Jawaban:B
Pembahasan
(Tipe Soal Aplikasi/Terapan)
Rujukan yang digunakan dalam kutipan paragraf tersebut adalah rujikan dengan kata ganti orang. Kata mereka pada kalimat tersebut merujuk pada anak usia kurang lima tahun.

3. Cermati paragraf berikut!
W.S. Rendra menghabiskan masa kecil hingga SMA di Solo dengan bersekolah TK hingga SMA di Sekolah Katolik St. Yosef. W.S. Rendra akhirnya meninggalkan Jakarta, kota impiannya dan
menuju ke Yogyakarta. Pilihannya jatuh pada Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada. Di fakultas ini, bakat seninya semakin tertempa dengan baik. Namun, ia tidak bisa menyelesaikan studinya di sini. Rendra kemudian mendapat tawaran beasiswa dari American Academy of Dramatical Art (AADA) untuk mempelajari lebih jauh tentang dunia seni tari dan drama. Kesempatan ini tentu tak disiasiakannya. Ia pun kemudian pergi ke Amerika pada tahun 1954 untuk mengambil beasiswa tersebut. Di Amerika, Rendra tak hanya berkuliah namun juga sering mengikuti seminar tentang seni dan kesusastraan atas undangan pemerintah AS di Harvard University.
Sumber: http://biografi-orang-suksesdunia.

Kata bercetak miring dalam kutipan
biografi tersebut merujuk pada ....
A. tawaran beasiswa dari American Academy of Dramatical Art (AADA)
B. meninggalkan Jakarta
C. pergi ke Amerika pada tahun 1954
D. menghabiskan masa kecil hingga SMA
E. mempelajari lebih jauh tentang dunia seni tari dan drama

Jawaban: A
Pembahasan
(Tipe Soal Aplikasi/Terapan)

Kata kesempatan ini merujuk pada kesempatan mendapat tawaran beasiswa dari American Academy of Dramatical Art (AADA). Rujukan tersebut menggunakan kata ganti tunjuk.

Demikianlah Postingan Tentang Menentukan Makna Rujukan Materi Bahasa Indonesia SMA. Semoga Bermanfaat




Download kkaktrichannel.info di play store
klik gambar diatas untuk download App atau ketik KeceApps di Play store

Belum ada Komentar untuk "Menentukan Makna Rujukan Materi Bahasa Indonesia SMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel